Mukomuko (Antara) - Bagian Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Bengkulu menyebutkan tahun 2016 mayoritas dari sebanyak 305 orang anggota polisi di Kabupaten Mukomuko mengalami kelebihan berat badan, diduga karena mereka terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan jarang berolahraga.

"Mayoritas polisi kelebihan berat badan. Untuk itu polisi setempat perlu melaksanakan fungsi kesamaptaan," kata Kasubbag Administrasi Dokkes Polda Bengkulu, AKP Mansuri, di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 21 orang personel dari Dokkes Polda Bengkulu secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan anggota kepolisian resor Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan, selain faktor makan makanan yang tidak teratur, termasuk faktor keturunan dari kedua orang tuanya yang memiliki badan gemuk.

Untuk itu, ia menyarankan, seluruh anggota kepolisian resor setempat agar rutin melakukan olahraga sehingga tinggi dan berat badan menjadi sesuai.

Ia menyatakan, Dokkes Polda Bengkulu sebatas melakukan pemeriksaan kesehatan anggota, selanjutnya memberikan masukan bagi anggota untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Termasuk apabila ditemukan ada anggota yang positif narkoba, menurutnya, pihaknya menyerahkan keputusan kepada atasannya.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Kompol P.M Amin A.ag mengatakan pihaknya rutin memberikan pelatihan terhadap anggota agar mereka sehat dan memiliki berat dan tinggi seimbang.

"Kami rutin melakukan kesamaptaan terhadap seluruh anggota," ujarnya.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017