Kepahiang, Bengkulu (Antara) - Bupati Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Hidayatullah Sjahid menyatakan daerah yang dipimpinnya ditunjuk menjadi tuan rumah Kontes Ternak Tingkat Nasional 2018.

"Kabupaten Kepahiang ditunjuk Gubernur Bengkulu untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Kontes Ternak Tingkat Nasional 2018, selain itu juga Festival Sayur-mayur dan Buah Nasional. Agenda nasional ini dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut mulai 2018 sampai 2020," kata Hidayatullah di Kepahiang, Rabu.

Penunjukan Kabupaten Kepahiang sebagai tuan rumah kegiatan pertanian tingkat nasional itu sendiri, kata dia, karena Kepahiang tidak memiliki pantai sehingga kegiatan itu dalam rangka program Gubernur Bengkulu dalam bidang agromaritim dan Visit Bengkulu 2020.

Program bidang agropolitan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepahiang itu merupakan kegiatan tingkat nasional di antaranya ialah kontes ternak, kemudian festival sayur dan buah-buahan selama tiga tahun berturut-turut 2018, 2019, 2020.

Untuk itu mulai tahun ini pihaknya akan segera mempersiapkan sarana pendukung pelaksanaan kegiatan tersebut yang akan dipusatkan di kawasan perkebunan Kabawetan, dimana Pemkab Kepahiang telah menerima anggaran dari pusat dalam bentuk dana tugas pembantuan (TP) di Dinas Pertanian Kepahiang sebesar Rp4,2 miliar.

Dana yang diberikan pemerintah pusat itu akan dialokasikan untuk kegiatan pembangunan jalan dan sarana pendukung lainnya. Selain itu Pemkab Kepahiang juga akan mengalokasikan dana tambahan dalam APBD Perubahan 2017.

"Anggaran ini akan dipakai untuk membangun jalan baru, karena jalan yang lama ukurannya kecil dan sulit dilalui kendaraan besar," ujarnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Kepahiang itu akan melibatkan kabupaten/kota di provinsi terdekat seperti Sumatera Selatan, Lampung, Padang dan lainnya.

Untuk itu dia berharap adanya dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Bengkulu sehingga Kabupaten Kepahiang berhasil menjadi tuan rumah kontes ternak dan festival sayur-sayuran serta buah-buahan tingkat nasional sesuai harapan.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017