Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan akreditasi lima puskesmas rawat inap dan jalan kepada Kementerian Kesehatan, bertambah dari usulan sebelumnya empat puskesmas.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Junharto di Mukomuko, Kamis, menyebutkan lima puskesmas tersebut yakni puskesmas Air Manjuto, puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang, Puskesmas Kota Mukomuko, Ipuh dan Air Rami.

"Sebanyak 17 puskesmas di daerah ini, dua puskesmas di antaranya telah terakreditasi pada 2016," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini Tim Surveyor Akreditasi Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mulai melakukan penilaian sebanyak lima puskesmas di daerah itu.

"Tahap pertama ini tim menilai puskesmas Air Manjuto. Selanjutnya penilaian empat puskesmas lainnya dalam tahun ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, tim dari Kemenkes ini memberikan penilaian terhadap berbagai fasilitas yang tersedia sekaligus kesiapan tenaga medis di dua puskesmas yang diusulkan terakreditasi.

Karena, menurutnya, tujuan akreditasi puskesmas itu untuk meningkatkan mutu dan manajemen puskesmas.

Selain itu, katanya, agar seluruh puskesmas di daerah itu terdata sesuai dengan standar pelayanan, manajemen, prosedur tetap (protap), sikap tenaga medis.

"Selain itu tujuan akreditasi puskesmas ini agar pasien datang mendapat pelayanan terbaik," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017