Bengkulu (Antara) - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Bengkulu mengajak mahasiswa agar berani untuk terjun ke dunia bisnis dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kami yang notabene ada yang tidak memiliki kesempatan seperti mereka yakni mengenyam perkuliahan bisa sukses di dunia bisnis, makanya kita motivasi mereka," kata Ketua DPD IWAPI Provinsi Bengkulu Trisna Anggraini di Bengkulu, Selasa.

Saat ini, menurut dia, banyak para mahasiswa belum mampu menentukan tujuan hidup secara mandiri, mereka bahkan tidak tahu akan jadi apa setelah menamatkan strata pendidikan.

"Yang terpikir hanya jadi pegawai negeri sipil, kalau semua berpikiran seperti ini maka akan banyak pengangguran karena keterbatasan visi mereka sendiri," kata dia lagi.

Dari puluhan ribu generasi muda Provinsi Bengkulu tidak sampai 10 persen yang memanfaatkan dunia bisnis sebagai dunia kerja mereka, sementara peluang bisnis kian hari kian luas dan berkembang pesat.

IWAPI Bengkulu mendorong generasi muda untuk memahami dunia bisnis tersebut, salah satunya dengan mulai menggiatkan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

"Yang terpenting lihat apa yang kita sukai dan minati, lihat apa yang dibutuhkan masyarakat, cobalah, nanti dengan mencoba kita akan bertumbuh," ujarnya.

Saat ini kegiatan usaha yang berkaitan dengan pariwisata cukup diminati, apalagi Pemerintah RI sedang menggalakkan promosi wisata Indonesia.***3***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017