Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat akan membeli sebanyak 27 unit mesin perahu berkapasitas sebesar 15 dan 25 PK untuk kelompok nelayan di daerah itu.

"Anggaran untuk pembelian sebanyak 27 unit mesin perahu tersebut sekitar Rp900 juta yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) tahun ini," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, dari anggaran sebesar itu, sebesar Rp784 juta bersumber dari DAK untuk membeli sebanyak 20 unit mesin perahu berkapasitas 25 PK dan anggaran Rp200 juta yang bersumber dari DAU untuk membeli tujuh mesin berkapasitas 15 PK.

Ia mengatakan, kegiatan pengadaan sebanyak puluhan mesin perahu itu terpisah. Pengadaan sebanyak 20 perahu melalui proses tender di unit layanan pelelangan setempat.

Sedangkan, lanjutnya, pengadaan sebanyak tujuh unit perahu melalui proses pemilihan langsung pihak ketiga sebagai pelaksana pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Anggaran untuk membeli sebanyak tujuh unit perahu di bawah Rp200 juta sehingga pemilihan langsung," ujarnya.

Ia mengatakan, selain membeli sebanyak 27 unit mesin perahu, instansi itu juga membeli sebanyak 20 perahu dan 20 seat alat tangkap ikan.

Ia menerangkan, pembagian sebanyak 20 mesin perahu, dan 20 perahu dan alat tangkap satu paket untuk 20 kelompok nelayan. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017