Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan tahun ini sebanyak lima kelompok wanita tani di daerah itu mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat untuk modal usaha menanam sayuran di lahan pekarangan rumah.

"Sebanyak lima kelompok tani yang menerima bantuan ini tersebar di Desa Marga Mukti, Sari Makmur, Desa Pasar Bantal, Desa Sido Dadi dan Desa Air Kasai," kata Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Yulismarita di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah pusat tahun ini memberikan bantuan dana untuk modal usaha menanam sayuran di lahan pekarangan rumah kepada lima kelompok wanita tani atau berkurang dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 12 kelompok.

Ia menyebutkan, sebanyak lima kelompok tani ini mendapatkan bantuan dana untuk modal usahanya masing-masing sebanyak Rp15 juta.

Ia menyatakan, dana bantuan dari pemerintah tersebut langsung dikirim ke masing-masing rekening kelompok wanita tani tersebut.

Dana bantuan dari pemerintah pusat tersebut, sebutnya, digunakan untuk membeli berbagai jenis benih sayuran dan sarana produksi serta membangun demplot.

"Kami hanya memfasilitasi dan mendampingi kelompok dalam melakukan aktivitasnya menanam sayuran di lahan pekarangan rumah," ujarnya.

Pemerintah memprogramkan Pemanfaatan lahan pekarangan rumah guna mengurangi pengeluaran ibu rumah tangga.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017