Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menunda perbaikan enam ruas jalan usaha tani yang rusak parah sehingga sulit dilewati kendaraan pengangkut hasil pertanian hingga Agustus 2017.

"Rehabilitasi jalan usaha tani yang rusak tidak bisa dilaksanakan bulan April karena terjadi pergeseran anggaran, sehingga kegiatan ditunda bulan Agustus tahun ini," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun 2017 akan merehabilitasi enam ruas JUT yang rusak parah di Desa Sumber Makmur, Desa Arah Tiga, Desa Lubuk Sanai, Desa Pondok Baru, Desa Sungai Gading dan Desa Talang Baru.

Ia menyebutkan total anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan itu sekitar Rp1 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Ali mengatakan, pihaknya melibatkan pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk mengerjakan proyek tersebut.

"Anggaran rehabilitasi JUT itu dibawah Rp200 juta sehingga pelaksanaannya melalui proses penunjukan langsung," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini sedang ada survei untuk perencanaan proyek rehabilitasi enam ruas JUT yang rusak tersebut oleh konsultan perencanaan kegiatan itu.

Ali menargetkan perencanaan kegiatan rehabilitasi JUT itu rampung dalam bulan ini juga sehingga setelah itu dapat berlanjut dengan pelaksanaan di lapangan.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017