Mukomuko (Antara) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memetakan jalur mudik Lebaran 2017 di Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan daerah setempat dengan Provinsi Sumatera Barat yang rawan longsor dan abrasi pantai.

Berdasarkan hasil pemetaan petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, sebanyak dua titik rawan longsor dan satu jalur mudik di Jalinsum yang tergerus abrasi pantai, Kamis.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah menyebutkan dua titik rawan longsor itu berada di perbatasan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat.

Selain itu, katanya, di perbatasan Kabupaten Mukomuko dengan Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Jalur mudik rawan abrasi, katanya, di Pantai Air Punggur Kecamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan Air Dikit.

Ia mengatakan meskipun sepanjang Pantai Air Punggur sudah dibangun pengaman pantai, saat air laut sedang pasang banyak material yang naik ke daratan, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas.

Ia mengatakan tugas instansi itu membersihkan material dari laut yang menutupi badan Jalan Lintas Sumatera agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

Sebanyak dua titik rawan longsor karena berada di tebing. Saat hujan deras material tebing longsor menutupi jalan.

Pihaknya sudah menyiapkan satu alat berat jenis buldozer untuk menyingkirkan material longsor yang menutupi badan jalan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017