Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprogramkan pembuatan surat tanda daftar budidaya (STDB) perkebunan kelapa sawit dan karet gratis untuk 20 petani setempat.

"Kita programkan sebanyak 20 persil tanah milik 20 petani yang menerima STDB perkebunan kelapa sawit dan karet gratis dari pemerintah daerah setempat," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, instansinya membutuhkan anggaran sekitar Rp50 juta untuk operasional petugas pembuatan STDB gratis untuk 20 orang petani tersebut.

Ia mengatakan, instansi itu mengusulkan kebutuhan anggaran sebesar itu untuk operasional petugas pembuat STDB gratis dalam APBD perubahan tahun ini.

"Kalau usulan anggarannya di APBD perubahan lebih besar dari itu, tetapi kebutuhan sebesar Rp50 juta," ujarnya.

Sebelumnya, katanya, pihaknya telah membuat STDB perkebunan kelapa sawit gratis untuk enam orang pemohon. Anggaran operasional petugas yang membuat STDB tersebut dari dana perjalanan dinas ini.

Ia menyatakan, pembuatan STDB perkebunan untuk enam pemohon tersebut telah selesai. Sehingga tidak ada lagi usulan anggaran untuk enam pemohon STDB tersebut.

"Yang kita usulkan anggarannya untuk 20 pemohon STDB perkebunan yang baru," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017