Mukomuko (Antara) - Kementrian Pertanian akan melakukan survei lahan tanaman pangan dan perkebunan untuk tanaman kedelai di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Rencananya pada Kamis (13/7) pihak Kementrian Pertanian ke Mukomuko melakukan survei lahan untuk tanaman kedelai," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, sasaran lokasi survei tersebut, yakni sejumlah lahan perkebunan kelapa sawit milik petani di daerah tersebut karena kementrian ingin mengintegrasikan tanaman kelapa sawit dengan kedelai.

Namun, katanya, instansinya belum mengetahui sejauhmana tingkat keberhasilan kegiatan integrasi tanaman kelapa sawit dengan kedelai, karena belum ada petani setempat yang melakukannya.

Menurutnya, kecuali pemerintah ingin mengintegrasikan tanaman kelapa sawit yang masih berumur muda sekitar empat hingga lima tahun dengan kedelai.

"Kalau tanaman kelapa sawit yang sudah berumur di atas 15 tahun sulit untuk ditanami tanaman lain, apalagi kedelai," ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya sedang mempersiapkan sejumlah lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat yang menjadi sasaran survey pihak Kementerian Pertanian. Lahan itu berada dekat Kecamatan Kota Mukomuko.

"Kami sudah ada gambaran sejumlah lokasi untuk survei. Tanaman sawit di lokasi lahan tersebut masih muda," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017