Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pelaksanaan program "home care" atau pelayanan kesehatan secara intensif bagi warga yang menderita gangguan jiwa di daerah itu mulai tahun 2018.

"Kami targetkan tahun 2018. Sasarannya sebanyak 30 orang warga yang menderita gangguan jiwa," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Dolatta Karo Karo di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, rencananya tahun 2018 instansi itu sudah selesai mendata jumlah warga setempat yang mengalami gangguan jiwa di daerah tersebut.

Selain itu, dia mengatakan, instansi juga akan mendata jumlah warga setempat yang dipasung oleh keluarga karena menderita penyakit gangguan jiwa.

"Sejak tahun 2015 masih ada warga setempat yang dipasung oleh keluarganya sendiri karena menderita gangguan jiwa," ujarnya.

Ia mengatakan, instansinya akan melakukan pengobatan ke rumah-rumah penderita gangguan jiwa "home care". Instansinya akan melibatkan keluarga dalam penyembuhan penderita tersebut.

Ia menyatakan, apabila instansi itu keterbatasan anggaran memberikan pelayanan pengobatan ke rumah penderita ini, maka solusi pengobatan rutin penderita di puskesmas.

Ia mengatakan, instansi itu mengambil alih penanganan warga setempat yang menderita gangguan jiwa di daerah tersebut.

"Mulai sekarang dinas kesehatan yang akan mengambil alih penanganan penderita gangguan jiwa dan memberikan pengobatan kepada penderita ini," ujarnya. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017