Rejang Lebong (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan saat ini daerah itu membutuhkan penambahan 371 guru.

Kepala Disdikbud Rejang Lebong Tarsisius Samuji didampingi Kasubbag Umum H Suganda di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan guru yang dibutuhkan tersebut guna ditempatkan di sekolah tingkat SD maupun SMP yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Kebutuhan tenaga guru ini belum bisa terpenuhi karena saat ini moraturium penerimaan CPNS belum dicabut, kalau permintaannya sudah kami ajukan ke Pemkab Rejang Lebong," ujarnya.

Untuk memenuhi kekurangan guru di wilayah itu pihaknya kata dia, beberapa waktu lalu sudah mengajukan usulan anggaran dalam APBD Perubahan 2017 guna merekrut guru honorer dengan status tenaga kerja sukarela (TKS).

Berdasarkan dari perhitungan yang mereka lakukan, diketahui jumlah guru SD berstatus PNS yang ada saat ini berjumlah 1.387 orang, dimana dari jumlah itu yang sudah pensiun dan memasuki masa pensiun sebanyak 28 orang hingga yang masih aktif mengajar ada sebanyak 1.359 orang.

Kemudian guru tingkat SMP sebanyak 527 orang, dari jumlah guru tersebut yang sudah memasuki pensiun ada sebanyak 40 orang sehingga sisanya sebanyak 487 orang.

Sementara untuk jumlah sekolahan untuk SD negeri tambah dia, sebanyak 171 sekolah, dengan jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 1.280.

Sedangkan untuk SMP negeri saat ini di Rejang Lebong terdapat sebanyak 44 sekolah dengan total jumlah rombel ada sebanyak 434.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017