Bengkulu (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu mengembangkan konektivitas jalur udara, laut dan darat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah itu.

"Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota akan bersinergi mengembangkan konektivitas darat, laut, udara untuk mendukung geliat ekonomi," kata Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan konektivitas yang baik akan mendukung transportasi lancar sehingga perekonomian masyarakat bertumbuh baik.

Bengkulu, kata Rohidin, saat ini memiliki dua pintu gerbang yakni Bandara Fatmawati, Pelabuhan Pulau Baai ditunjang Pelabuhan Bantal dan Linau.

Terkait konektivitas jalur udara, pemerintah membuka rute baru penerbangan pesawat perintis dari Bengkulu dengan tujuan Lampung, Padang dan Jambi.

Ke depan, kata dia, pemerintah membangun jalur kereta api yang menghubungkan daerah ini dengan Provinsi Sumatera Selatan.

"Kalau koordinasi baik antar pemerintah daerah maka Bengkulu bisa menjadi pusat perdagangan di pesisir barat Sumatera," ucapnya.

Pengembangan dan pengelolaan transportasi yang baik akan mendukung pengangkutan komoditas lokal sekaligus pengembangan pariwisata.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Budi Djatmiko, menjelaskan konektivitas dan peningkatan sarana transportasi menjadi fokus dalam rapat koordinasi Dinas Perhubungan tahun 2017.

"Pemerintah pusat, provinsi dan daerah sudah menyamakan persepsi dan komitmen untuk pengembangan transportasi secara optimal untuk mengembangkan daerah," katanya.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017