Mukomuko (Antara) - Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu selama dua hari melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan rasa cinta para pelajar pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sosialisasi wawasan kebangsaan ini kepada para pelajar SMAN 7 Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko, dan SMAN 12 di Desa Air Kasai, Kecamatan Air Dikit," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Mukomuko Jumaidi, di Mukomuko, Kamis.

Ia menyatakan, instansinya melibatkan kepolisian resor setempat dan TNI sebagai pemateri dalam kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan tersebut.

Menurutnya, mengingat kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan ke sekolah tersebut berlangsung singkat, sehingga materi yang disampaikan soal pengenalan dasar terkait bela negara.

Selain itu, katanya pula, pengetahuan tentang wawasan kebangsaan atau cara pandang terhadap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan.

Diharapkan cara pandang terhadap bangsa ini semakin meningkat serta mendorong semangat pemuda mengamalkan Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal ika.

Selain itu, katanya pula, supaya pemuda di daerah ini mempunyai semangat patriotisme dan mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan.

"Kami mengajak pelajar menjaga pesatuan dan kesatuan berdasarkan empat pilar negara ini," ujarnya lagi.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017