Rejang Lebong (ANTARA Bengkulu) - Dua kabupaten di Provinsi Bengkulu yaitu Rejang Lebong dan kabupaten Kepahiang 2012, akan dijadikan sentra pengembangan sapi perah.

"Kita patut bersyukur pada 2012 Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, akan dijadikan sentra pengembangan sapi perah di wilayah Provinsi Bengkulu," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rejanglebong, Amrul Eby, Senin.

Potensi pengembangan sapi perah di daerah tersebut terbuka lebar selain didukung oleh ketersediaan bahan pakan melimpah serta SDM, petani setempat sebagian besar sudah memahami tehnik pemeliharaan dan pengembangannya.

Selama ini pemeliharaan dan pengembangan sapi perah di daerah itu sudah dilakukan kalangan peternak terutama di Kecamatan Selupu Rejang, susu  dihasilkan kalangan peternak tersebut dipasarkan ke Provinsi Bengkulu, serta Kota Lubuk Linggau, Sumsel.

Kendati pengolahannya masih dilakukan secara sederhana, namun kualitas susu dihasilkan masyarakat itu tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia,sejauh ini pihaknya telah mengusulkan bantuan sapi perah sebanyak 500 ekor untuk dibagikan pada peternak dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, namun akan
direalisasikan sebanyak 200 ekor.

Sapi perah bantuan pemerintah pusat ini rencananya tiba pada pertengahan 2012, untuk meningkatkan mutu dan produksi susu dihasilkan warga setempat, pihaknya akan menurunkan petugas penyuluh perikanan dan peternakan pada sejumlah kecamatan yang dipilih menjadi sentra pengembangan sapi perah tersebut. (ANT-212)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2011