Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengajak seluruh masyarakat di daerahnya untuk menggiatkan olahraga di lingkungannya masing-masing.

"Saya minta masyarakat ikut bersama-sama memajukan olahraga dengan cara menggiatkan olahraga di lingkungannya," kata Bupati Mukomuko, Choirul Huda, di Mukomuko, Jumat.

Menurutnya, tidak hanya pemerintah daerah setempat yang memajukan olahraga di daerah itu, termasuk masyarakat dan forum koordinasi pemerintah daerah dan perangkatnya.

Untuk itu, katanya, mulai dari sekarang masyarakat dan FKPD di daerah itu mulai memikirkan kemajuan olahraga di daerah itu.

Dengan begitu, katanya, di berbagai even atau perlombaan olahraga, atlet daerah itu lebih unggul dibandingkan daerah lain.

Terkait dengan dana pembinaan olahraga, ia mengatakan, sudah menyampaikan kepada pihak yang menganggarkannya untuk meningkatkan anggarannya dalam APBD.

Ia menyatakan, pihaknya berusaha memajukan seluruh cabang olahraga yang ada di kabupaten ini. Untuk itu perlu pembinaan rutin seluruh cabang olahraga.

Kalau melihat anggaran yang ada saat ini, maka yang perlu diperbaiki sehingga ada rutinitas kegiatan pembinaan cabang olahraga.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sutrisna Imam Sentosa mengatakan pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp1,3 miliar dalam APBD tahun ini untuk pembinaan 16 cabang olahraga.

Ia menjelaskan, dana sebesar itu untuk pembinaan sebanyak 16 cabang olahraga di daerah itu, termasuk operasional dan biaya mendatangkan pelatih dari luar daerah itu.

Ia menyatakan, tugas pelaksana atau penggurus 16 cabang olahraga itu untuk menggali potensi warga untuk menjadi atlet di mulai sejak usia dini.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017