Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat akan membeli tiga varietas padi unggul untuk petani sawah tadah hujan di daerah itu.

"Tiga varietas padi unggul, yakni Inpari 30, inpari 32 dan mikongga. Tiga varietas padi unggul ini cocok ditanam di sawah tadah hujan di daerah ini," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Hari Mustaman, di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak 40 kelompok tani setempat yang memiliki lahan persawahan seluas 1.000 hektare tahun ini mendapatkan bantuan dana untuk membeli benih padi dari pemerintah pusat.

Ia mengatakan, sejumlah kelompok tani sawah tadah hujan di daerah itu yang menerima bantuan dana membeli benih padi dari pemerintah pusat meminta bantuan kepada Dinas Pertanian setempat untuk membeli benih padi unggul untuk musim tanam kedua padi sawah tahun ini.

Ia menyatakan, dana untuk membeli benih padi unggul itu berasal dari kelompok tani di daerah itu. Instansinya membantu petani memndapatkan benih padi unggul.

"Kami hanya membantu petani membeli benih padi unggul ke perusahaan yang menjualnya. Dananya berasal dari petani," ujarnya pula.

Kepala Desa Pulau Makmur Ramli mengatakan kelompok tani di wilayahnya meminta bantuan kepada Dinas Pertanian setempat karena petani tidak punya akses ke perusahaan yang menjual benih padi unggul.

"Petani di wilayah ini ingin produksi gabah meningkat dibandingkan sebelumnya," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017