Rejang Lebong (Antara) - Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Ahmad Hijazi menyatakan dukungannya terhadap pemutaran film penumpasan G30 S/PKI oleh jajaran Kodim di daerah itu.

"Saya sangat mendukung pemutaran film G30 S/PKI oleh Kodim 0409 Rejang Lebong tersebut, terlepas saat ini terjadi pro dan kontra dari berbagai pihak. Pemutaran film ini bertujuan baik guna memberikan pelajaran yang mengisahkan penghianatan PKI pada tahun 1965," kata Bupati Ahmad Hijazi usai mengikuti acara wisuda 198 mahasiswa Politeknik Raflesia Curup, Senin.

Selain memberikan dukungan terhadap pemutaran film G30 S/PKI oleh Kodim 0409 Rejang Lebong dalam beberapa kecamatan di wilayah itu, dia juga mempersilahkan warga setempat untuk ramai-ramai menyaksikan nonton bareng film bersejarah tersebut.

Pemutaran film yang mengisahkan penghianatan PKI pada tahun 1965 itu kata dia, sangat penting diketahui masyarakat apalagi belakangan ini rasa nasionalisme di kalangan masyarakat mulai menipisnya terbukti dengan sedikitnya warga yang hadir pada undangan berbagai acara peringatan hari besar nasional yang dilaksanakan pemkab setempat.

Film yang pada masa orde baru selalu ditayangkan setiap tanggal 30 September setiap tahunnya tersebut kata Ahmad Hijazi harus ditonton, karena tujuannya agar peristiwa seperti itu tidak terulang kembali.

Sementara itu untuk pemutaran film G30 S/PKI yang akan dilakukan Pemkab Rejang Lebong kata dia, saat ini melihat perkembangannya terlebih dahulu. Jika nantinya secara nasional mengharuskan pemutarannya, maka pihaknya akan melakukan pemutaran film berdurasi empat jam itu.

Sebelumnya Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya mengatakan, pihaknya akan melakukan pemutaran film G30 S/PKI di sembilan lokasi dalam tiga kabupaten yang menjadi wilayah hukum Kodim 0409/Rejang Lebong yakni di Rejang Lebong dalam wilayah lima Koramil, kemudian tiga Koramil di Kabupaten Lebong dan satu Koramil di Kabupaten Kepahiang.

Pemutaran film G30 S/PKI ini sudah mulai dilaksanakan sejak 22 September lalu, dan rencananya pada 30 September nanti pihak Kodim 0409/Rejang Lebong akan menggelar nonton bareng di gedung olahraga (GOR) Curup.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017