Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan sebanyak 17 kelompok usaha bersama (KUB) nelayan setempat yang akan menerima bantuan sebanyak 18 unit mesin perahu motor dari pemerintah daerah setempat.

"Sebanyak 17 KUB nelayan yang menerima bantuan mesin perahu tersebut tersebar di tiga kecamatan di daerah itu. Satu KUB menerima dua mesin tempel," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, di Mukomuko, Senin.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat tahun ini akan membeli sebanyak 18 unit mesin perahu yang terdiri dari sebanyak 10 unit mesin tempel 15 PK dan delapan unit 40 PK.

Anggaran untuk pembelian sebanyak 18 unit mesin perahu nelayan tersebut sebesar Rp665 juta yang bersumber dari APBD perubahan tahun ini.

Selanjutnya instansinya mengusulkan sebanyak 17 KUB nelayan yang menerima bantuan tersebut kepada bupati setempat.

Ia menyatakan, rencana penbgadaan mesin tempel 15 PK itu menggunakan e-katalog atau pengadaan barang langsung ke pihak pabrik.

Sedangkan, lanjutnya, pengadaan sebanyak delapan unit mesin tempel 40 PK dengan anggaran sekitar Rp400 juta dilaksanakan dengan cara lelang di unit layanan pelelangan di daerah itu.

Ia menyatakan, pelaksanaan kegiatan pengadaan mesin tempel tersebut menunggu selesai pengesahan APBD perubahan tahun ini. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017