Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pihaknya pada tanggal 4 hingga 6 Oktober nanti akan menggelar Gerakan Indonesia Membaca di daerah itu.

Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Rejang Lebong, Meli Resmani di Rejang Lebong, Senin, mengatakan kegiatan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) ini akan dilaksanakan pada 4-6 Oktober bertempat di halaman Kantor Disdikbud setempat.

"Kabupaten Rejang Lebong sangat beruntung karena bisa menjadi salah satu lokasi pelaksanaannya. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana kegiatannya hanya dilaksanakan di 25 kabupaten tersebar di beberapa provinsi di Tanah Air," katanya.

Kegiatan GIM itu sendiri tambah dia, diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi kalangan pelajar di wilayah itu, dengan meningkatnya minat baca masyarakat khususnya kalangan pelajar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Untuk memeriahkan acara GIM yang akan mereka gelar ini, pihaknya juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan pendukung seperti pada hari pertama dengan kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak tingkat PAUD dan TK se-Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian lomba karikatur pendidikan untuk pelajar tingkat SMP, seterusnya donasi buku untuk tujuh taman bacaan masyarakat (TBM) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan pada hari kedua kegiatan sarasehan literasi yang akan diikuti 50 peserta dari OPD, PKBM, PKK, dharmawanita, PGRI, dan beberapa pihak-pihak terkait lainnya, dengan pemateri utama dari Kepala Perpustakaan Universitas Bengkulu.

Pada acara literasi ini seluruh peserta akan diajak untuk mencari solusi bagaimana meningkatkan minat membaca di kalangan masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong. Sedangkan untuk hari terakhir akan dilakukan penyusunan butir-butir materi guna menyukseskan program GIM di wilayah itu.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017