Bengkulu (Antara) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung menyediakan asuransi jiwa bagi wisatawan yang berkunjung ke tiga taman wisata alam di bawah pengelolaan lembaga itu.

"Kami sudah menandatangani kesepakatan kerja sama peningkatan layanan bagi pengunjung taman wisata alam dengan salah satu perusahaan asuransi," kata Kepala BKSDA Bengkulu-Lampung Abu Bakar di Bengkulu.

Kerja sama peningkatan pelayanan bagi pengunjung taman wisata alam dengan PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha untuk memberikan perlindungan bagi wisatawan.

Selain itu, katanya, sebagai bagian dari pengembangan pengelolaan wisata alam di TWA Pantai Panjang Pulau Baai, Kota Bengkulu, TWA Bukit Kaba di Rejanglebong, TWA Seblat di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Abu mengatakan optimalisasi pengelolaan wisata di tiga TWA merupakan salah satu program prioritas Balai KSDA Bengkulu yang sejalan dengan program prioritas nasional dalam pengembangan pariwisata.

"Jaminan asuransi ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus pengembangan ekonomi sekitar kawasan," ucapnya.

Abu mengatakan dari sudut pandang konservasi sumber daya alam, pengembangan wisata alam menjadi solusi atau jalan tengah dari kepentingan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Perpanduan antara upaya pemenuhunan kebutuhan ekonomi dan ekologi dapat "dikawinkan" dalam konsep wisata yang berbasis ekologi (ekowisata).

"Taman wisata Bukit Kaba wilayah Desa Sumber Urip akan menjadi percontohan yang dimulai pada awal tahun 2018," kata dia. ***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017