Mukomuko (Antara) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan Balai Wilayah Sungai Sumatera VII pada 2018 akan membangun penahan erosi Sungai Selagan di daerah itu.

"BWS membangun untuk pengaman benteng peninggalan Inggris "Fort Van Anna" dan permukiman penduduk di Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Sunaji, di Mukomuko, Sabtu.

Ia memastikan, pengerjaan pembangunan "Sheet Pile" atau bangunan penahan erosi Sungai Selagan di daerah itu pada tahun 2018 sesuai dengan perencanaan kegiatan tersebut dalam tahun ini.

Ia mengataan, perencanaan pembangunan penahan erosi sungai itu sudah berlangsung sejak awal bulan Januari tahun ini.

Ia menyatakan, semua perencanaan yang berkaitan dengan pembangunan bangunan penahan erosi sungai tersebut seperti SID dan DID sudah final.

Ia menerangkan, pihak BWS membangun Sheet Pile atau bangunan penahan erosi Sungai Selagan karena struktur yang cocok dan ramah lingkungan.

Pada bulan Agustus tahun ini, katanya, disepakati pembangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai Selagan di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Terkait dengan anggarannya, ia menyatakan, sekitar puluhan miliar rupiah. Tetapi pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan secara bertahap.***3*** 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017