Mukomuko (Antara) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini batal merancang mesin pengolah pelepah tanaman kelapa sawit menjadi pakan alternatif hewan ternak karena tidak tersedia anggaran pengadaan peralatannya.

"Tahun ini belum ada anggarannya. Kami akan usulkan kembali pada tahun depan," kata Kabid Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna DPMD Kabupaten Mukomuko Ngadiono, di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah daerah setempat melalui DPMD akan memanfaatkan pelepah tanaman kelapa sawit karena untuk pakan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing.

Ia mengatakan, tahun ini belum ada anggaran untuk bidang itu sangat terbatas, sehingga bidang tersebut belum bisa membeli peralatan pembuat pakan ternak.

Dia berharap, tahun 2018 ada anggarannya dalam APBD perubahan untuk pembelian peralatan pembuat pakan ternak.

Instansinya berencana melibatkan Balai Latihan Kerja (BLK) setempat untuk menciptakan mesin pembuat pakan ternak.

Menurutnya, selama ini pihak BLK yang merancang sejumlah peralatan dan mesin untuk kepentingan usaha kecil menengah di daerah itu.

Pihaknya memanfaatkan pelepah tanaman kelapa sawit untuk pakan hewan ternak, agar pelepah tanaman kelapa saawit itu tidak terbuang percuma.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017