Bengkulu (Antara) - Sejumlah produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu akan dipamerkan dalam ajang Hari Pangan Sedunia yang digelar Kementerian Pertanian di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat pada 19-22 Oktober 2017.

"Ada sejumlah produk pangan unggulan yang dipamerkan sekaligus mengikuti lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Eva Rini di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan berbagai produk pertanian dan bahan olahan khas Bengkulu yang dipamerkan dalam kegiatan itu antara lain buah mangga Bengkulu, jeruk gerga dari Lebong, sawo dari Kaur, dan kentang merah dari Rejanglebong.

Sedangkan makanan olahan yaitu lempuk yang merupakan olahan durian, sirup jeruk kalamansi, kopi, olahan tepung ganyong, tepung mokaf, kerupuk pisang Enggano, dodol pepaya dan beberapa produk unggulan dari kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu.

Sementara lomba cipta menu akan diwakili Kabupaten Bengkulu Tengah yang menjuarai lomba cipta menu tingkat provinsi pada 2016.

Dalam lomba itu, perwakilan Bengkulu akan menyajikan menu andalan seperti abon jantung pisang, dendeng jamur gerigit, nasi kamer yang terbuat dari campuran talas dan kacang merah, lemang keladi isi ayam dan minuman buah undak kalamansi yang merupakan campuran buah pepaya, melon, mangga dan air jeruk kalamansi.

"Lomba ini ditunggu-tunggu karena menjadi ajang unjuk kreativitas para ibu-ibu PKK untuk berkreasi dengan menu baru, unik dan sehat," katanya.

Rini optimistis kontingen Bengkulu akan mendapatkan juara pada lomba cipta menu mengingat pengalaman pada 2014 tampil sebagai juara pertama, pada 2015 menempati posisi kedua dan pada 2016 Provinsi Bengkulu tampil sebagai juara tiga tingkat nasional.

Ia mengharapkan lewat kegiatan ini, produk unggulan pangan Bengkulu akan semakin dikenal luas dan menjadi sarana efektif bagi pengembangan produk pangan dan teknologi unggulan.

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017