Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kesehatan setempat menyiapkan lahan seluas empat hektare untuk lokasi pembangunan RSUD Pratama di daerah itu.

"Lahannya sudah siap di Desa Air Buluh. Lahan seluas empat hektare itu hibah dari pemerintah desa setempat," kata Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Heri Junaidi di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Kesehatan memprogramkan peningkatan status puskesmas di Kecamatan Ipuh yang ramai pengunjung dan jauh dari pusat ibukota kabupaten setempat menjadi RSUD Pratama.

Ia memastikan tidak ada lagi permasalahan terkait dengan legalitas lahan untuk lokasi pembangunan RSUD Pratama karena Pemerintah Desa Air Buluh sebagai pemilik aset lahan tersebut telah membuat surat pernyataan penyerahan lahan untuk lokasi pembangunan RSUD.

Selanjutnya, katanya, instansinya akan membuat perencanaan dan Detail Engeneering Design" atau DED pembangunan RSUD Pratama tersebut.

Ia mengatakan instansinya menggunakan dana APBD Perubahan untuk membuat perencanaan dan DED pembangunan RSUD Pratama di daerah tersebut.

Ia mengatakan instansinya melibatkan konsultan untuk membuat perencanan dan DED pembangunan RSUD pratama tersebut.

Selanjutnya, ia mengusulkan anggaran pembangunan sejumlah gedung RSUD Pratama di daerah itu kepada pemerintah pusat.

"Pemerintah daerah hanya menyiapkan lahan dan perencanaannya, selanjutnya anggaran pembangunannya dari pemerintah pusat," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017