Bengkulu (Antara) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Tengah yang mewakili Provinsi Bengkulu tampil sebagai juara tiga lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman, yang digelar di Provinsi Kalimantan Barat.

"Bengkulu tampil sebagai juara karena resep yang dipraktikkan cukup beragam untuk mendukung keanekaragaman pangan lokal," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu Eva Rini di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan prestasi yang diraih perwakilan Provinsi Bengkulu mampu mempertahankan posisi serupa, juara tiga pada ajang yang sama pada lomba tahun lalu.

Pada lomba kali ini makanan yang ditampilkan dalam rangkaian Hari Pangan Dunia itu antara lain sarapan pagi bernama "Sirenggung Bukit Rimbo Pengadang" berbahan utama jagung, daging ayam, kacang merah, telur dan wortel yang dipadu dengan abon jantung pisang, jus sirsak jambu biji dan susu sapi segar.

Menu makan siang, nasi kamer berbahan talas sawut dan kacang merah. Ada pula nacang udang Sungai Suci, dendeng jamur gerigit, dan minuman buah undak kalamansi dengan selingan lemang keladi isi ayam.

Sedangkan menu makan malam menyajikan nasi panggang "Putri Rindang Bulan", dol lele berdendang, orak arik bukis Fatmawati, peluru Benteng Marlborough dan puding jeruk gerga.

Menurut Ketua Tim Juri kata Eva, penilaian tidak hanya sebatas resep dan menu makanan tapi juga peranan pemerintah daerah dalam mengembangkan diversifikasi pangan.

"Tidak hanya menu yang dinilai tapi juga upaya pemerintah daerah memasyarakatkan keanekaragaman pangan," ucapnya.

Eva mengatakan resep yang masuk dalam juara nasional ini disosialisasikan kepada masyarakat untuk membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman guna mendukung hidup sehat, aktif dan produktif.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017