Rejang Lebong (Antara) - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan program elektronik warung gotong royong (e-Warong) di daerah itu akan dilaksanakan dalam 10 lokasi.

Kepala Dinsos dan PMD Rejang Lebong, Darmansyah di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan 10 lokasi yang akan dijadikan percontohan pelaksanaan bantuan pangan non tunai (BPNT) tersebut dilaksanakan di 10 desa/kelurahan tersebar dalam sembilan kecamatan.

"Pelaksanaan program e-Warong ini akan dilaksanakan mulai Januari 2018 mendatang, dimana untuk tahap awal ini baru 10 desa tersebar dalam sembilan kecamatan, kedepannya kita targetkan 15 kecamatan sudah memiliki e-Warong," katanya.

Adapun 10 lokasi pendirian e-Warong di Rejang Lebong tambah dia, antara lain Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Sambirejo dan Karang Jaya di Kecamatan Selupu Rejang.

Kemudian Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Sindang Kelingi, Desa Simpang Beliti, Kecamatan Binduriang, Desa Duku Ulu, Kecamatan Curup Timur. Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah. Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan dan Desa Tabarenah, Kecamatan Curup Utara.

"Kami sebelumnya sudah mengusulkan untuk 15 kecamatan, tetapi baru bisa dilaksanakan dalam sembilan kecamatan saja. Untuk selanjutnya akan dibuka dalam enam kecamatan lainnya yang saat ini masih terkendala beberapa permasalahan seperti jaringan internet yang belum memadai," ujarnya.

Syarat adanya jaringan internet yang memadai itu sendiri kata dia, merupakan salah satu syarat yang diminta Kemensos, selain sudah dimasuki jaringan listrik PLN. Jaringan listrik dan internet ini guna mendukung operasional e-Warong yang akan dilengkapi mesin EDC atau gesek.

Program e-Warong ini tambah dia, akan dikelola oleh warga penerima program keluarga harapan (PKH) secara berkelompok dengan jumlah anggota minimal 10 orang. Program ini digulirkan untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan keluarga yang murah dan berkualitas bagi rumah tangga tidak mampu.

Dalam program e-Warong ini bantuan yang dikucurkan Kemensos sebesar Rp30 juta untuk setiap warung yang ditunjuk, dimana Rp10 juta untuk modal rehab lokasi warung, kemudian Rp20 juta untuk modal usaha, dana ini diberikan melalui rekening kelompok masing-masing.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017