Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sekitar 200 dari 2.371 peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan C di Provinsi Bengkulu, salah mengisi data pada lembaran jawaban komputer.

" Sebanyak 200 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) itu direvisi ulang, supaya Lembar Jawaban Komputer (LJK) bisa diproses komputer atau kegiatan pemindaian berjalan lancar, kata Ketua Panitia UNPK Program Paket C Provinsi Bengkulu, Wahyu, Rabu.

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu mencatat hingga saat ini ratusan peserta UNPK program paket C melakukan kesalahan dalam pengisian data pada lembar jawaban komputer.

Kesalahan pada LJK terjadi saat ratusan peserta mengisi data pribadi atau kode paket soal yang dikerjakan mereka saat mengikuti ujian. Contohnya, kata dia, kode angka paket soal yang ditulis peserta tidak sama dengan kode angkat paket soal yang seharusnya dilingkari pada lingkaran paket soal, sehingga tidak bisa terdata oleh komputer.

Selain itu, ada pula angka paket soal yang ditulis, tetapi tidak disertai pelingkaran kode angka. "Kesalahan pengisian data paket soal dan data pribadi peserta mengakibatkan para petugas harus merevisinya agar LJK peserta ujian dapat diproses komputer atau kegiatan pemindaian berjalan lancar," ujar dia.

Humas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Budianta mengatakan, kegiatan pemindaian LJK peserta UNPK program paket C di daerah ini berlangsung pada 16 sampai 21 Juli 2012.

Selanjutnya, hasil pemindaian akan dikirim ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 23 Juli 2012. Hasil ujian paket C akan diumumkan pada 28 Juli 2012, peserta yang tercatat sebagai peserta ujian paket C di Provinsi Bengkulu sebanyak 2.371 orang, pelaksanaan ujian berlangsung pada 9 sampai 12 Juli 2012, ujarnya.(mhe*Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012