Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat membeli sebanyak 200 stel baju pelampung pada 2017 untuk keselamatan nelayan saat melaut.

"Kami membeli 200 stel baju pelampung ini untuk kelompok usaha bersama (KUB) nelayan yang mendapatkan bantuan sebanyak 20 perahu komplit dengan alat tangkap dan mesin tempel," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah daerah setempat tahun ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) sektor perikanan tangkap sebesar Rp1,8 miliar. Dana sebesar itu untuk membeli 20 unit perahu, alat tangkap ikan, mesin tempel, dan baju pelampung.

Pemerintah daerah setempat membeli sebanyak 200 stel baju pelampung itu guna menjaga keselamatan nelayan yang menerima bantuan kapal, alat tangkap ikan dan mesin tempel.

"Kami bantu sarana dan prasarananya, termasuk peralatan untuk nelayan menjaga keselamatan saat melaut," ujarnya.

Ia menargetkan, pembagian sebanyak 200 stel baju pelampung kepada nelayan, termasuk bantuan perahu, alat penangkap ikan dan mesin tempel dalam tahun ini.

Selain itu, ia mengatakan, instansinya memprogramkan pembelian sebanyak 1.000 stel baju pelampung untuk nelayan pada tahun ini.

Ia mengatakan, rencana pembelian baju pelampung itu telah disetujui oleh Komisi II DPRD setempat. Tinggal lagi pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) DPRD setempat.

Ia berharap, tidak ada lagi perubahan anggaran untuk kegiatan pengadaan baju pelampung untuk nelayan di daerah itu.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017