Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sebanyak 148 desa di daerah itu yang akan mencairkan dana desa dan alokasi dana desa tahap kedua sebesar 40 persen.

"Dalam minggu ini seluruh desa yang berjumlah sebanyak 148 desa yang akan mencairkan dana desa dan alokasi dana desa tahap kedua sebesar 40 persen," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Saroni di Mukomuko, Selasa.

Sebanyak 148 desa di daerah itu tahun ini menerima dana desa sebesar Rp115 miliar yang bersumber dari APBN dan sebesar Rp54 miliar alokasi dana desa dari APBD.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 148 desa di daerah itu, sebanyak 46 desa telah selesai selesai mencairkan dana desa pada hari Senin (11/12), kini sebanyak puluhan desa itu menunggu transfer dana tersebut ke rekening desa.

Selanjutnya, katanya, hari ini sebanyak 49 desa di daerah itu yang mengajukan pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahap kedua sebesar 40 persen, terakhir sebanyak sebanyak 53 desa mencairkan dana desa hari Rabu (13/12).

Ia menyatakan, instansinya langsung menyampaikan pengajuan pencairan dana desa dan alokasi dana desa untuk 148 desa tersebut kepada Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat.

Selanjutnya, katanya, BKD setempat yang mengoreksi berkas pengajuan pencairan dana desa dan alokasi dana desa dari 148 desa di daerah itu.

Ia menjelaskan, berkas pengajuan pencairan dana desa dari desa tersebut harus sesuai Peraturan Bupati nomor 2 tahun 2017, yakni menyerahkan rekening bank dan realisasi penggunaan dana desa tahap pertama.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017