Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan lima wilayah sebagai sentra industri kecil menengah (IKM) di daerah itu.

"Lima wilayah itu yakni satuan pemukiman (SP) VII, SP V, Desa Bumi Mekar Jaya, Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya, dan Desa Marga Mulya," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko A. Halim di Mukomuko, Kamis.

Ia menjelaskan, SP VII ditetapkan sebagai sebagai sentra industri gula kelapa, wilayah SP V keripik, Desa Bumi Mekar Jaya sentra batu bata, Pantai Indah Mukomuko sentra ikan laut dan Desa Marga Mulya sentra maubeler.

Ia menyatakan, penetapan lima wilayah sebagai sentra IKM di daerah tersebut berdasarkan surat keputusan bupati setempat.

Pemerintah daerah setempat menetapkan lima wilayah tersebut sebagai sentra IKM melalui proses penilaian wilayah yang menjadi sentra IKM di daerah tersebut pada tahun ini.

Lima wilayah ini, katanya, yang selama ini paling banyak menghasilkan berbagai jenis produk IKM dibandingkan dengan desa dan kecamatan lain di daerah itu.

Selanjutnya, menurutnya, penetapan wilayah yang menjadi sentra IKM ini bertujuan untuk mempermudah instansinya dalam memberikan pembinaan terhadap pelaku IKM ini.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah memberikan bantuan bukan dalam bentuk dana untuk modal usaha, tetapi pembinaan dalam bentuk pelatihan keterampilan bagi pelaku IKM tersebut.

"Kami memberikan pembinaan untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia (SDM) para pelaku IKM sehingga mereka memiliki keahlian dalam mengolah produknya agar bernilai jual di pasar lokal maupun luar daerah setempat," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017