Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memerlukan tambahan delapan mobil pemadam kebakaran agar daerah ini memiliki unit pemadam pada setiap kecamatan.

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ibnu Hadi, di Mukomuko, Minggu, mengatakan sekarang ini daerahnya memiliki sebanyak lima mobil pemadam kebakaran, tiga mobil di antaranya berada di tiga kecamatan.

"Tahun depan rencananya pemerintah daerah akan menambah dua unit mobil pemadam kebakaran. Anggaran pengadaan dua mobil pemadam kebakaran bersumber dari dana APBD," ujarnya.

Sedangkan pelaksana kegiatan pengadaan sebanyak dua mobil pemadam kebakaran di daerah itu, yakni Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat.

Instansinya, katanya lagi, hanya menerima barang tersebut kemudian mengelola dua unit mobil pemadam kebakaran itu.

Selain itu, ia mengatakan, instansinya juga mengusulkan tambahan empat mobil pemadam kebakaran pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Instansinya telah menyerahkan proposal usulan bantuan empat mobil pemadam kebakaran dimaksud.

Kemudian, lanjutnya, instansinya juga mengusulkan bantuan tambahan empat mobil pemadam kebakaran ke Jepang.

Ia berharap, usulan penambahan delapan mobil pemadam kebakaran kepada Kemendagri dan Jepang bisa terealisasi pada tahun depan.

Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko selama tahun ini menangani sebanyak 15 kasus kebakaran bangunan rumah warga dan tempat usaha bengkel kendaraan disebabkan arus pendek listrik.

"Penyebabnya karena arus pendek listrik," ujarnya.

Menurutnya, penanganan kasus kebakaran bangunan rumah selama ini sedikit mengalami keterlambatan, karena masyarakat terlambat melaporkan kejadian kebakaran kepada petugas pemadam bahaya kebakaran di dinas tersebut.

Selain itu, menurutnya, karena jauh jarak tempuh kendaraan pemadam kebakaran dari kantor pemadam kebakaran ke tempat kejadian.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017