Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat ini akan membagikan sebanyak 118.000 benih ikan lele untuk salah satu badan usaha milik desa (BUMDes) di daerah itu.

"Bantuan akan dibagikan dalam waktu dekat ini . Sekarang tim penerima barang sedang melakukan pemeriksaan untuk memastikan kualitas benih ikan untuk BUMDes," kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah daerah setempat tahun ini mengalokasikan dana dalam APBD perubahan untuk membeli benih 118 ribu benih ikan lele dan 44 terpal untuk BUMDes yang ingin mengembangkan usaha budi daya ikan lele.

Sedangkan, BUMDes menggunakan dana desa dan alokasi dana desa sebesar Rp50 juta untuk membangun kolam ikan lele dan pembelian pakan ikan lele tersebut.

Ia mengatakan, instansinya sebelumnya telah membagikan sebanyak 44 lembar tarpal, sekarang ini puluhan terpal tersebut telah terpasang di kolam ikan milik BUMDes tersebut.

Selanjutnya, BUMDes tersebut menunggu bantuan sebanyak 118 ribu bibit ikan lele dari pemerintah daerah setempat.

Ia berharap, BUMDes ini dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah daerah setempat untuk membudidayakan perikanan darat.

Ia menargetkan, BUMDes ini tidak hanya membudidayakan ikan lele, tetapi juga mengembangkannya agar BUMDes ini bisa menjadi unit pembibitan rakyat (UPR).

Sehingga, katanya, ke depan pemilik usaha perikanan darat di wilayah tersebut mendapatkan benih ikan dari BUMDes.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017