Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyiapkan dana sekitar Rp70 juta dalam APBD tahun ini untuk melaksanakan tes urine guna mengetahui aparatur sipil negara (ASN) positif atau negatif menggunakan narkoba.

"Anggarannya tersedia di APBD tahun ini, tinggal lagi menentukan waktu pelaksanaannya," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kasbangpolinmas) Kabupaten Mukomuko Jumaidi, di Mukomuko, Senin.

Pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana sekitar Rp70 juta dalam APBD tahun 2018 untuk melaksanakan tes urine bagi sekitar 300 orang.

Ia berharap, dengan anggaran yang ada tersebut dapat melakukan tes urine sebanyak 300 orang ASN di daerah ini.

"Anggaran untuk tes urine ASN pada tahun 2018 minim, sehingga dengan anggaran yang ada tersebut hanya sebagian kecil PNS yang menjalani tes urine," ujarnya lagi.

Dia menyatakan, tes urine seluruh ASN di lingkungan pemerintah daerah setempat dilaksanakan secara bertahap setiap tahun mulai tahun 2018.

Kasat Narkoba Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Iptu Hafzon menyatakan institusinya mendukung kegiatan pemerintah daerah setempat melakukan tes urine ASN.

Ia menyebutkan, ada beberapa jenis alat uji untuk tes urine. Sedangkan harganya bervariasi bergantung dari alat uji yang bagus dan standar.

Dia menyarankan, pemerintah daerah setempat membeli alat uji untuk tes urine yang sederhana seharga Rp100 ribu, sehingga lebih banyak ASN yang dapat menjalani tes urine.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018