Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan sembilan pengelola program e-warung di daerah itu mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

Kepala Dinsos dan PMD Rejang Lebong Darmansyah di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan sembilan kelompok usaha bersama atau Kube yang menjadi pengelola program e-warung sudah mencairkan bantuan dana dari Kementerian Sosial sebesar Rp10 juta yang digunakan untuk pembuatan warung.

"Selain mendapatkan bantuan pembuatan warung sebesar Rp10 juta, para pengelola Kube untuk e-warung ini juga menerima bantuan modal guna membeli peralatan serta modal usaha warung sebesar Rp20 juta," katanya.

Kelompok pengelola e-warung tersebut tambah dia, saat ini tengah mencari lahan untuk membangun warung yang nantinya akan menyediakan bahan kebutuhan pokok masyarakat tidak mampu yang tergabung dalam program keluarga harapan (PKH).

Program e-warung di daerah itu sendiri rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, karena kalangan masyarakat penerima bantuan itu masih menunggu distribusi kartu penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) yang akan diterima kalangan masyarakat tidak mampu tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Program e-warung ini tambah dia, akan dikelola oleh warga penerima PKH secara berkelompok dengan jumlah anggota minimal 10 orang. Program ini digulirkan untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan keluarga yang murah dan berkualitas bagi rumah tangga tidak mampu.

Dalam program ini bantuan yang dikucurkan Kemensos sebesar Rp30 juta untuk setiap warung yang ditunjuk, dimana Rp10 juta untuk modal rehab lokasi warung, kemudian Rp20 juta untuk modal usaha, dana ini diberikan melalui rekening kelompok masing-masing.

Sembilan lokasi pendirian e-warung di Rejang Lebong antara lain Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Desa Sambirejo dan Karang Jaya di Kecamatan Selupu Rejang.

Kemudian Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Sindang Kelingi, Desa Duku Ulu, Kecamatan Curup Timur. Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah. Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan dan Desa Tabarenah, Kecamatan Curup Utara.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018