Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Kantor Cabang BPJS Kesehatan Curup, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah tunggakan iuran peserta mandiri dalam empat kabupaten yang mereka naungi sampai akhir 2017 lalu mencapai Rp15,5 miliar.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Curup Syafrudin Imam Negara didampingi Kabid Penagihan dan Keuangan Zaipan Popiyandi di Rejang Lebong, Kamis mengatakan, tunggakan peserta BPJS Kesehatan mandiri tersebut tersebar dalam Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara.

"Jumlah tunggakan iuran peserta mandiri tersebar dalam empat kabupaten sampai saat ini jumlahnya mencapai Rp15,5 miliar dari total tagihan sebesar Rp29,8 miliar," kata Syafrudin Iman Negara.

Besaran jumlah tunggakan peserta BPJS Kesehatan dari peserta mandiri itu tambah dia, menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan guna membayar iurannya setiap bulan, dimana iuran yang dibayarkan oleh peserta BPJS Kesehatan dari empat kabupaten ini prosentasenya baru 47,85 persen.

Jumlah tunggakan peserta BPJS Kesehatan Kancab Curup ini diketahui paling banyak berada di Kabupaten Bengkulu Utara yaitu sebesar Rp6, 8 miliar dari total tagihan sebesar Rp14,3 miliar, kemudian di Rejang Lebong sebesar Rp3,2 miliar dari jumlah tagihan Rp 6,6 miliar.

Selanjutnya di wilayah Kabupaten Kepahiang sendiri jumlah tunggakannya mencapai Rp3,6 miliar dari jumlah tagihan sebesar Rp5,9 miliar, serta di Kabupaten Lebong sebesar Rp1,8 miliar dari total tagihan sebesar Rp2,9 miliar.

Sementara itu data peserta BPJS Kesehatan mandiri dibawah naungan BPJS Kesehatan Cabang Curup sampai dengan akhir Desember 2017 lalu kata dia, sebanyak 72.312 orang dengan rincian di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 13.083 orang, Kepahiang sebanyak 15.874 orang, di Kabupaten Lebong sebanyak 6.521 orang dan di Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 36.834 orang.

Pihak BPJS Kesehatan sendiri sebelumnya sudah memberikan kemudahan pembayaran iuran karena sudah bekerjasama dengan perbankan yakni BNI, Mandiri dan BRI. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Curup juga telah menyediakan 131 tempat pembayaran loket pembayaran online seperti Alfamart, Indomaret, kantor pos, agen pos, agen BNI 46, loket pembayaran umum hingga dokter keluarga yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.***4***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018