Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu masih menyeleksi calon penerima dan calon lokasi (CPCL) lahan persawahan yang menerima program budidaya ikan dengan tanaman padi atau mina padi dari pemerintah pusat.

"Sampai sekarang kami masih menyeleksi calon sawah yang cocok untuk budidaya ikan dengan tanaman padi," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Hari Mustaman di Mukomuko, Senin.

Ditargetkan seluas 25 hektare lahan persawahan milik petani setempat akan mendapat program budidaya ikan dengan tanaman padi atau mina padi tahun 2018.

Ia berencana menetapkan areal sawah yang berada dekat dengan saluran sekunder yang menerima program tersebut agar ikan tidak terkena pupuk kimia dari tanaman padi sawah milik petani.

Menurutnya, Dinas Pertanian tidak mungkin memilih sawah yang berada paling ujung yang menerima program ini karena dikhawatirkan ikan tersebut mati karena terkena pupuk kimia.

Selain itu, ia menyatakan Dinas Pertanian akan turun ke lokasi untuk menentukan lokasi sawah yang sawah yang berada di atas atau dekat saluran sekunder.

Pelaksanaan budidaya ikan dengan tanaman padi di daerah itu ditargetkan berjalan pada pertengahan tahun 2018 atau saat musim tanam kedua padi sawah. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018