Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat dalam waktu dekat ini akan mengangkat sebanyak 15 orang penyuluh pertanian swadaya untuk menyebarkan berbagai informasi tentang pertanian kepada petani di daerah tersebut.

"Kami segera mengangkat sebanyak belasan penyuluh pertanian swadaya. Belasan penyuluh pertanian swadaya ini untuk wilayah yang masih kekurangan tenaga penyuluhan pertanian lapangan (PPL)," kata Kabid Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi di Mukomuko, Selasa.

Ia menyebutkan, sebanyak 15 orang tenaga penyuluh pertanian swadaya ini terdiri dari kontak tani nelayan andalan (KTNA), kelompok tani yang sudah maju dan sarjana satu pertanian.

Ia mengatakan, instansinya memprioritaskan tenaga penyuluh pertanian swadaya itu untuk kawasan pertanian tanaman pangan yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah itu.

Ia menyebutkan, kawasan pertanian tanaman pangan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang masih banyak kekurangan tenaga PPL.

Ia menyatakan, sebanyak 15 penyuluh pertanian swadaya tersebut berstatus sebagai tenaga kerja sukarela di instansi tersebut.

Ia mengatakan, penyuluh pertanian swadaya tersebut menerima honorarium yang bersumber dari APBD tahun ini, namun nilai tidak terlalu besar.

"Honorarium untuk penyuluh pertanian swadaya ini kecil, sekitar Rp298.000 per bulan," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018