Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan penambahan jumlah penduduk setempat saat ini tidak mempengaruhi jumlah kursi dewan daerah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong Halid Saifullah di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan saat ini jumlah penduduk Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan keputusan KPU RI No.4/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018, menyebutkan jumlah penduduk wilayah itu sebanyak 275.640 jiwa sehingga jumlah kursi dewannya tidak berubah yakni sebanyak 30 kursi.

"Walaupun jumlah penduduk Kabupaten Rejang Lebong bertambah menjadi 275.640 jiwa, namun jumlah kursi di DPRD Rejang Lebong masih tetap 30 kursi, karena jumlah penduduknya masih dibawah 300.000 jiwa," katanya.

Adanya keputusan KPU RI yang mengatur tentang jumlah penduduk daerah itu serta alokasi kursi dewan perwakilan rakyat daerah dalam Pemilu 2019 mendatang, sudah mereka sosialisasikan kepada pengurus Parpol di daerah itu.

"Penyusunan dan penataan dapil dan alokasi kursi Pemilu anggota DPRD Rejang Lebong tahun 2019, ini diatur dalam PKPU nomor 16 tahun 2017, tentang penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu," ujarnya.

Sejauh ini data persiapan pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Rejang Lebong saat ini selain tidak adanya penambahan jumlah kursi dewan juga jumlah daerah pemilihan (dapil) tidak mengalami penambahan tetap empat dapil.

Adapun empat dapil di Rejang Lebong ini antara lain Dapil Rejang Lebong I meliputi Kecamatan Curup Timur, Curup Selatan dan Curup Tengah dengan alokasi kursi sembilan.

Kemudian Dapil Rejang Lebong II ialah Kecamatan Curup, Bermani Ulu, Curup Utara dan Kecamatan Bermani Ulu Raya dengan alokasi delapan kursi.

Seterusnya Dapil Rejang Lebong III meliputi Kecamatan Sindang Kelingi, Selupu Rejang dan Sindang Dataran dengan jumlah alokasi kursi dewan sebanyak enam kursi.

Dapil Rejang Lebong IV meliputi Kecamatan Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Sindang Beliti Ilir dengan jumlah alokasi kursi tujuh.***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018