Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Harga jual tandan buah segar kelapa sawit di pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak beberapa hari ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan harga sebelumnya.

"Harga tandan buah segara kelapa sawit naik sebesar Rp20 per kg di pabrik milik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA). Harga sawit di pabrik ini naik dari sebesar Rp1.390 per kg menjadi Rp1.410," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Kamis.

Namun, katanya, harga tandan buah segar sawit di pabrik CPO milik PT SSJA di Kecamatan Lubuk Pinang lebih rendah dibandingkan dengan harga sawit di sembilan pabrik CPO di daerah itu.

Ia menyebutkan, harga sawit di pabrik PT MMIL sebesar Rp1.460 per kg, di pabrik PT KAS sebesar Rp1.460 per kg, harga sawit di pabrik PT AMK sebesar Rp1.475 per kg, harga buah sawit di pabrik PT S3 sebesar Rp1.440 per kg.

Kemudian lanjutnya, harga sawit di pabrik PT Bumi Mentari Karya (BMK) sebesar Rp1.560 per kg, di pabrik PT SAP sebesar Rp1.480 per kg dan di pabrik PT KSM sebesar Rp1.460 per kg.

Kemudian, di pabrik CPO milik PT DDP Kecamatan Ipuh dan pabrik PT DDP Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.460 per kg.

Untuk sementara ini, ia mengatakan, instansinya belum menerima harga penetapan tim perumus harga komoditi perkebunan pemerinta provinsi setempat.

"Bulan Januari belum ada penetapan harga dari tim perumus harga komoditi perkebunan di daerah ini," ujarnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018