Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Harga jual tandan buah segar kelapa sawit di pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu sejak sebulan terakhir berkisar Rp1.410 per kilogram hingga Rp1.560 per kg atau lebih rendah dibandingkan harga sebelumnya.

"Harga sawit masih tetap bertahan dengan harga lebih rendah dibandingkan sebelumnya," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, instansinya telah berkoordinasi dengan sejumlah pabrik CPO di daerah itu terkait penyebab harga sawit lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Dia menyatakan, berdasarkan keterangan dari sejumlah pabrik CPO, penyebab harga sawit rendah karena sedikit permintaan CPO asal daerah itu.

Selain itu, katanya lagi, harga sawit di daerah itu lebih rendah dibandingkan sebelumnya, karena pengaruh penurunan harga CPO dunia sehingga berimbas terhadap harga sawit milik petani setempat.

Ia menyebutkan, harga sawit di pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) sebesar Rp1.410, pabrik PT MMIL sebesar Rp1.460 per kg, di pabrik PT KAS sebesar Rp1.460 per kg, harga sawit di pabrik PT AMK sebesar Rp1.475 per kg, dan harga buah sawit di pabrik PT S3 sebesar Rp1.440 per kg.

Kemudian, lanjutnya, harga sawit di pabrik PT Bumi Mentari Karya (BMK) sebesar Rp1.560 per kg, di pabrik PT SAP sebesar Rp1.480 per kg, dan di pabrik PT KSM sebesar Rp1.460 per kg.

Lalu, di pabrik CPO milik PT DDP Kecamatan Ipuh, dan pabrik PT DDP Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.460 per kg.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018