Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu)-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyampaikan pelaksanakan seleksi 45 calon Panitia Pemilihan Kecamatan yang sedang mereka lakukan di daerah itu berlangsung bersih.
"Saya tidak ingin diakhir masa jabatan kami sebagai komisioner KPU akan menimbulkan penilaian yang jelek, saya pastikan pelaksanaan seleksi PPK di Rejang Lebong ini berlangsung bersih tanpa ada praktek percaloan atau pun yang lainnya," kata ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah di Rejang Lebong, Rabu.
Pelaksanaan seleksi PPK itu sendiri tambah dia, sudah diatur oleh KPU pusat mulai dari jadwal dan tahapan seleksi, materi serta kisi-kisi dalam pelaksanaan tes tertulis.
Sedangkan teknis pelaksanaannya dilakukan oleh Sekretariat KPU Rejang Lebong dengan pengawasan dari pihak Panwaslu dan aparat kepolisian setempat.
Untuk itu dia meminta aparat kepolisian dan Panwaslu jika mendapati adanya praktek permainan kotor yang dilakukan oknum komisioner KPU daerah itu maupun pihak lainnya agar aparat penegak hukum dapat memprosesnya.
"Jika itu pelanggarannya tentang tahapan Pemilu, itu bisa ke Panwaslu. Kalau itu kasusnya dugaan pemerasaan dan Pungli itu bisa ke tindak pidana, apalagi saat ini di Polres Rejang Lebong sudah ada tim Saber Pungli," ujarnya.
Penegasan ini dia sampaikan mengingat beberapa hari lalu saat pelaksanaan seleksi administrasi pendaftaran PPK untuk 15 kecamatan di Rejang Lebong, beredar isu adanya praktek percaloan yang ditujukan ke KPU daerah itu.
Sejauh ini seleksi calon PPK di Rejang Lebong, Selasa (6/2) kemarin sudah dilaksanakan tertulis yang diikuti 396 orang dari total pendaftar sebanyak 414 orang. Tahapan selanjutnya terhitung 6-9 Februari akan dilakukan pemeriksaan hasil tes dan seterusnya akan diambil enam besar guna dipilih tiga besar yang mengisi jabatan PPK masing-masing kecamatan.***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018