Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pengadaan 1.242 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk warga setempat.

Kepala DPM-PTSP Kabupaten Rejang Lebong Afnisardi di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan usulan pengadaan 1.242 unit PLTS tersebut diajukan untuk penerangan jalan umum maupun penerangan rumah penduduk yang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

"Usulan pengadaan 1.242 unit PLTS atau solar home system ini diajukan ke Kementerian PMK, untuk lampu peneranganan jalan umum maupun rumah penduduk. Kami berharap ini bisa dikabulkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan listrik warga maupun sebagai penerangan jalan," katanya.

Usulan pengadaan PLTS tersebut tambah dia, khusus untuk wilayah yang belum dijangkau jaringan listrik PT PLN sehingga diharapkan nantinya jalanannya bisa dipasang penerangan jalan serta warganya bisa menikmati penerangan listrik.

Berdasarkan rincian usulan yang mereka ajukan ini tambah dia, terdiri dari 600 unit untuk penerangan jalan umum dan 642 unit untuk penerangan rumah tangga atau PLTS SHS.

Sementara itu untuk kebutuhan 600 unit lampu penerangan jalan itu sendiri rencananya akan dipasang dalam enam dari 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong, yakni Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingin, Sindang Dataran, Sidang Beliti Ilir, Binduriang dan Kota Padang, masing-masing kecamatan ini diusulkan 100 unit.

Sedangkan untuk PLTS SHS akan dialokasikan kepada masyarakat dalam tujuh desa yang berdiam di Kecamatan Padang Ulang Tanding, antara lain Gunung Ayu Desa Bukit Batu sebanyak 97 unit dan di Talang Semendo sebanyak 125 unit.

Kemudian di Kecamatan Sindang Beliti Ulu yang berada di Dusun Bandar Agung Desa Lubuk Alai sebanyak 30 unit dan Dusun Palembang Kecil sebanyak 60 unit.

Seterusnya akan dialokasikan ke Kecamatan Sindang Dataran yang meliputi Desa Sinar Gunung sebanyak 200 unit, di Desa Warung Pojok 50 unit, Desa Air Rusa 30 unit, Desa Talang Belitar sebanyak 25 unit dan Desa Suka Menanti sebanyak 25 unit.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018