Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mulai tahun ini keluarga warga miskin di daerah itu menerima bantuan beras sejahtera setiap bulan, atau lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya setiap tiga bulan.

"Mulai tahun ini warga menerima beras setiap bulan. Bantuan ranstra bulan Januari diterima awal bulan Februari," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Herlian di Mukomuko, Minggu.

Sebanyak 9.221 keluarga warga miskin yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) ranstra dari pemerintah pusat.

Selain sistem penyaluran ranstra yang berubah dari tiga bulan menjadi setiap bulan, katanya, penerima juga tidak perlu lagi membayar uang tebusan untuk mendapatkan bantuan beras sejahtera.

Tetapi, katanya, setiap keluarga warga miskin di daerah itu menerima bantuan sebanyak 10 kilogram ranstra dari pemerintah pusat, atau berkurang dibandingkan sebelumnya sebanyak 15 kilogram.

"Meskipun jumlahnya berkurang, tetapi bantuan ranstra yang diterima oleh warga miskin sebanyak 10 kilogram per per bulan itu gratis. Sebelumnya warga mengeluarkan uang untuk menebus ranstra," ujarnya.

Menurutnya, nilai bantuan yang diterima oleh setiap keluarga warga miskin sebanyak 15 kilogram per bulan dengan menerima bantuan sebanyak 10 kilogram itu hampir sama.

Sedangkan, lanjutnya, penyaluran bantuan beras sejahtera kepada KPM di daerah itu masih sama seperti tahun sebelumnya melalui kecamatan dan desa.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018