Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan bantuan insektisida untuk mengatasi hama wereng dan ulat yang menyerang 20 hektare lahan tanaman padi milik Kelompok Tani Tunas Baru Desa Arah Tiga.

"Saat ini kami masih menghitung jumlah insektisida untuk mengatasi hama wereng dan ulat yang menyerang tanaman padi di wilayah itu," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Minggu.

Sekitar 20 dari 25 hektare areal persawahan padi milik Kelompok Tani Tunas Baru Desa Arah Tiga sejak dua pekan terakhir terserang hama wereng dan ulat sehingga berpotensi menurunkan produktivitas tanaman tersebut.

Ia menyatakan saat ini instansinya sedang memeriksa persediaan insektisida untuk menanggulangi hama wereng dan ulat

yang ada di gudang instansi itu.

Wahyu menyatakan instansinya dalam waktu dekat ini akan menyalurkan bantuan insektisida untuk pengendalian hama wereng dan ulat sesuai dengan luas areal persawahan yang terserang hama.

"Bantuan insektisida untuk pengendali hama wereng dan ulat," ujarnya.

Petugas tanaman pangan dan holtukultura Dinas Pertanian sebelumnya telah mengecek areal persawahan milik kelompok tani Tunas Baru yang terserang hama wereng dan ulat.

Petugas bidang itu melakukan pengecekan setelah menerima laporan terkait areal persawahan yang terserang hama wereng dan ulat dari kelompok tani tersebut.

"Kami menerima laporan dari kelompok tani melalui via ponsel. Selanjutnya petugas mengecek kebenaran laporan dari kelompok tani tersebut," ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018