Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan ada perusahaan perkebunan kelapa sawit telah melepaskan sebagian lahan hak guna usaha (HGU) untuk pengembangan lokasi objek wisata Pantai Air Punggur di daerah itu.

"Perusahaan telah melepaskan lahan HGU seluas dua hektare di lokaso Pantai Air Punggur, selanjutnya pembangunan `rest area` di lokasi tersebut," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Winarto di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan, instansinya mengusulkan anggaran sebesar Rp4 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019 untuk membangun lokasi peristirahatan di lokasi tersebut.

Ia menjelaskan anggaran sebesar itu untuk membangun sejumlah bangunan seperti rumah ibadah dan fasiltas untuk tempat mandi, cuci dan kakus.

Selain itu, anggaran itu juga untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang untuk tempat bermain anak-anak dan tempat bersantai bagi pengunjung lokasi itu.

"Kami siap membangun `rest area` di Pantai Air Punggur pada tahun ini apabila ada anggarannya dalam APBD perubahan," ujarnya.

Pemerintah ingin mengembangkan lokasi objek wisata Pantai Air Punggur di daerah itu karena lokasinya sangat sempit antara pantai dengan lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Agromuko.

Selain itu, Pantai Air Pinggur di Kecamatan Air Dikit tersebut ramai dikunjungi saat libur akhir pekan terutama pada sore hari, dan lokasinya juga sangat strategis berada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018