Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjalin kerja sama Universitas Bengkulu (UNIB) untuk membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata di daerah itu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Univesitas Bengkulu. Mereka bersedia membantu meski dengan keterbatasan anggaran yang ada di dinas ini," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Winarto di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah daerah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp150 juta dalam APBD tahun ini untuk membuat rencana induk pengembangan objek wisata Danau Nibung.

Alokasi dana untuk membuat rencana induk pengembangan objek wisata di daerah tersebut minim dibandingkan dengan alokasi dana untuk kegiatan yang sama di daerah lain.

Ia menyatakan, tenaga ahli dari Fakultas Ekonomi Unversitas Bengkulu yang bersedia membantu membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata di daerah itu.

Mereka bersedia membantu membuat rencana induk pengembangan sektor pariwisata asalkan ada kerja sama dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya di daerah tersebut.

"Universitas Bengkulu butuh bantuan badan perencanaan daerah setempat untuk membantu terkait dengan rencana tata ruang wilayah untuk pariwisata," ujarnya.

Ia menargetkan pembuatan rencana induk pengembangan sektor pariwisata di daerah itu selesai dalam tahun ini.

Sektor pariwisata merupakan salah satu target yang akan terus dikembangkan untuk lebih mengenalkan Kabupaten Mukomuko ke masyarakat luas.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018