Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan program pelayanan kesehatan bergerak menggunakan jasa dokter spesialis di dua desa terpencil yang sulit dijangkau oleh kendaraan di daerah itu.

"Pelayanan kesehatan bergerak di dua desa yang susah untuk dijangkau oleh kendaraan roda empat dan dua. Kami targetkan dua desa itu di Kecamatan Malin Deman, yakni Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Desa Lubuk Talang dan Desa Gajah Makmur," kata Kepala Bidang Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Erik Prasetya di Mukomuko, Rabu.

Ia menyatakan instansinya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi terkait dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan di desa terpencil itu.

Pelayanan kesehatan di dua desa di daerah itu diadakan oleh dokter spesialis. Terkait spesialisasi dokter yang akan memberikan pelayanan kesehatan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara ini yang dibutuhkan adalah dokter spesialis penyakit dalam. Kendati demikian, instansinya tidak tahu perkembangan dari masyarakat dan hasil "screening" dari Puskesmas terdekat.

Ia menyebutkan, pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis untuk warga di dua desa tersebut sekitar bulan Juni tahun ini. Pelayanan kesehatan ini berupa pemeriksaan dan pengobatan.

Selain itu pelayanan kontak langsung ke masyarakat, berupa pemberiann bantuan berupa sabun, sikat gigi dan pasta gigi.

Ia menargetkan ada sebanyak 200 orang warga di setiap desa di daerah itu yang mengikuti pelayanan kesehatan gratis yang diadakan oleh Dinas Kesehatan provinsi setempat.

Semua itu dilakukan dalam rangka untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sehat, terutama di daerah yang susah dijangkau.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018