Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan program pelayanan kesehatan bergerak berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk sebanyak 400 orang warga masyarakat dari dua desa yang sulit dijangkau kendaraan kepada pemerintah provinsi setempat.

"Kami usulkan sebanyak 400 warga dari dua desa, atau 200 warga per desa," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Erik Prasetya di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah provinsi setempat tahun ini kembali melaksanakan program pelayanan kesehatan bergerak yang menggunakan jasa dokter spesialis untuk warga di dua desa yang sulit dijangkau kendaraan di Kabupaten Mukomuko.

Erik mengatakan, instansinya telah mengusulkan bantuan pelayanan kesehatan gratis di dua desa yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat dan dua di daerah itu.

Ia menyebutkan, dua desa yang sulit dijangkau kendaraan tersebut masuk dalam Kecamatan Malin Deman, yakni unit pemukiman transmigrasi (UPT) Desa Lubuk Talang dan Desa Gajah Makmur.

Ia menyatakan, ratusan warga dari dua desa di Kecamatan Malin Deman tersebut akan mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis dari dokter spesialis.

Namun, ia mengatakan, instansinya belum bisa dipastikan Imenetapkan spesialisasi dokter yang akan memberikan pelayanan kesehatan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara ini, katanya, dokter spesialis penyakit dalam. Kendati demikian instansinya tidak tahu perkembangan dari masyarakat dan hasil screning dari puskesmas terdekat.

Ia menyebutkan, pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis untuk warga di dua desa tersebut sekitar bulan Juni tahun ini. Pelayanan kesehatan ini berupa pemeriksaan dan pengobatan.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018