Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Tinggi gelombang laut di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu selama 12 jam ke depan sekitar tiga meter atau lebih rendah daripada sebelumnya yang mencapai 3,5 meter.

"Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano hingga perairan barat Lampung," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim di Bengkulu, Selasa.

Tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu 2,5 meter juga lebih rendah daripada sebelumnya yang mencapai tiga meter, angin di wilayah itu bertiup dari timur hingga barat daya dengan kecepatan antara 03-18 knot.

Ia menjelaskan, angin di perairan Enggano berpeluang bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knot. Di wilayah itu berawan.  Angin di Samudra Hindia barat Bengkulu berembus dari timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knot.

Peringatan dini BMKG, akan terjadi gelombang tinggi antara tiga hingga 3,5 meter diperairan selatan Banten, Samudera Hindia utara Aceh.  Berdasarkan citra satelit cuaca, terlihat daerah liputan awan hujan di wilayah Sumatera Barat, sebagian Riau, sebagian Jambi, Perairan Mentawai, dan Samudra Hindia barat Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 05-36 kilometer per jam atau 03-20 knot. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya cerah dan berawan, terutama mulai dari Kabupaten Mukomuko, Kaur hingga Rejang Lebong. Ia mengatakan, suhu udara berkisar 19-29 derajat Celcius dan kelembaban antara 67-97 persen.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012